12
Apr
08

Bikin SIM C

Nah akhirnya proses pembuatan KTP usai, meski terkesan KTP aspal, paling tidak KTP tersebut diberikan oleh aparatur desa yang bisa dipercaya. Cukup sekitar tiga puluh ribuan untuk mengganti ongkos bolak balik sang aparat. Awalnya ragu dengan keaslian KTP tersebut karena kok hanya kertas fotokopian biasa yang diberi identitas lalu dilaminating, tidak lupa foto manis juga ditempel disebelah kanan :mrgreen:

Pas banget dengan masa aktif SIM C yang udah hangus, tepatnya pada 6 November 2007 lalu. Yah daripada harus kasih uang rokok kepada polisi setiap ada pemeriksaan, mending ngurusin SIM baru aja. Rencana pengen memperpanjang SIM yang lama dengan alamat Pasuruan, tapi sekalian nambah pengalaman bikin SIM baru (bener-bener ngurus sendiri tanpa perantara siapapun) akhirnya cari-cari info untuk pembuatan SIM wilayah kabupaten Bandung (domisili penulis saat itu), lima tahun sekali lum tentu kesono lagi :-D Eh katanya juga sih kalo perpanjangan harus ngurusin di wilayah yang sama dengan yang tertera pada SIM lama. Mungkin belum ada sistem jaringan kepolisian online antar pusat dengan daerah. (CMIIW)

Ternyata untuk seluruh wilayah kabupaten Bandung harus ke Markas Polres yang terletak di Soreang, cukup jauh dari tempat tinggal penulis saat itu (Dayeuhokolot) kurang lebih satu jam sudah termasuk macet. Kamis 10 April 2008 bersama Tryyas a.k.a purbasari segera meluncur kesana dengan persiapan yang cukup matang. Karena sebelum berangkat, segala informasi pembuatan SIM telah dikumpulkan.

Letak Markas Polres yang tidak strategis cukup membingungkan banyak orang apalagi untuk kalangan pendatang, mungkin karena bangunan tersebut baru direlokasi. Terletak di areal Perumnas, masuk sekitar 500 meteran dari jalan protokol tanpa petunjuk yang jelas. Tanya sana sini akhirnya ketemu juga, meski sempat nyasar sampe markas kantor anggota dewan kabupaten Bandung.

Sampe di lokasi, tampak berjibun orang ngantri untuk bikin SIM, ada yang perpanjangan atau bikin baru. Lha kok mbareng-mbareng kaya ndak ada hari laen ajah :mrgreen: kirain hari itu sepi coz pas jam kantor dan bukan awal bulan atau awal minggu.

Step pertama yang harus dilakukan yaitu tes kesehatan, hmm… jangan khawatir karena disana sudah tersedia klinik tim dokter Polri untuk melakukan tes kesehatan. Pada tahap ini semua orang pasti loloslah. Dengan membawa fotokopi KTP 1 lembar untuk pendaftaran, selanjutnya silakan mengantri sampai giliran anda dipanggil. Tes membaca, buta warna, berat badan, tinggi badan, dll. Eit… sebelum keluar jangan lupa bayar dulu 10000 IDR.

Setelah itu datangi kios fotokopi yang berjajar disepanjang areal kantor, belilah map warna kuning untuk pembuatan SIM baru dan warna merah untuk perpanjangan SIM (berlaku untuk masing-masing Polres). Karena udah bawa alat tulis dari kosan, maka ga perlu beli lagi, secara harga alat tulis disitu relatif melonjak.

Masuk ke loket I untuk pendaftaran pembuatan SIM baru, silakan menunggu lagi untuk melakukan tes tulis. Pada sesi tes tulis yang berlangsung sekitar 20 menit, peserta harus menyelesaikan 30 soal mengenai lalu lintas beserta rambu-rambunya. Untuk melewati tahap ini (lulus) peserta wajib menjawab betul minimal 18 dari 30 soal tersebut.

Setelah dinyatakan lulus maka peserta berhak mengikuti tes selanjutnya yaitu ujian praktek. Silakan anda membawa motor sendiri atau pake motor yang telah disediakan. Rintangan yang dihadapi berupa jalur zig-zag dan angka 8. Peserta dinyatakan lulus jika berhasil melalui rintangan tersebut dengan tidak boleh jatuh atau kaki menyentuh tanah. Meski terkesan gampang, nyatanya banyak sekali yang gagal dan harus mengulang dikemudian hari :-D

Sampai dengan step ini telah terlewati dengan lancar dan lulus, silakan anda kemudian melakukan pembayaran untuk foto + mencetak SIM di loket yang telah ditunjukkan. Isi dan Serahkan berkas-berkas yang diberikan dan jangan lupa cap sidik jari terlebih dahulu sebelum masuk ke loket selanjutnya. Tiap orang dikenai biaya 75000 IDR. Kemudian silakan menunggu lagi untuk panggilan foto.

Terakhir setelah foto selesai silakan menunggu untuk langsung mendapatkan SIM baru :-) Tapi naas pada hari itu karena setelah foto selesai tiba-tiba listrik kantor padam, ya terpaksa harus diambil keesokan harinya :-(

Kalo dihitung total pengeluaran untuk pembuatan SIM C baru hanya sekitar 85000 IDR, tapi kalo lewat calo bisa sampai 250000 IDR. Jadi kalo sempat diurus sendiri yah itu lebih hemat, tapi kebanyakan orang males menunggu selama proses berlangsung. Semuanya serba pengen yang instan, padahal dengan mengikuti tes teori dan ujian praktek pengendara akan lebih mengerti tentang rambu-rambu dan etika mengemudi sehingga tingkat keselamatan berkendara semakin tinggi.

nb :
- tes kesehatan bisa dilakukan di dokter umum / dokter Polri
- kalo biaya perpanjangan SIM 60000 IDR
- SIM C untuk pengendara motor (jenis kendaraan roda dua bermotor), sedangkan SIM D (ternyata ada juga lho) sama dengan SIM C tetapi untuk kecepatan dibawah 40 km/jam.
- Siapin segala keperluan sebelum berangkat, sehingga sampai disana bisa langsung ambil antrian, yang penting siapin alat tulis dan 2-5 lembar fotokopi KTP yang masih berlaku (alamat KTP masih dalam wilayah kekuasaan Polres setempat).

About these ads

17 Responses to “Bikin SIM C”


  1. 1 deksinta
    April 23, 2008 at 10:42 am

    ooo.. gitu ya tesnya, quw dolo nembak siy jadi gak tau ujian prakteknya apaan,…
    hihihihi……

  2. 2 andri
    May 8, 2008 at 11:22 am

    eh…aku juga orang dayeuhkolot.
    belon lulus di ujian praktek karena harus zig zag, tgl 14 mei diulang lagi.
    Susuah juga belajar zigzag karena saya jarang pake motor
    SIM A …sudah saya kantongin.

  3. May 8, 2008 at 11:36 am

    @andri : wah tetep semangat pak
    saya juga harus mengulang beberapa kali utk lolos melewati lintasan zig zag itu :mrgreen:

  4. 4 almeira
    July 26, 2008 at 2:52 pm

    weeeeeeeeeeeee…..
    dah punya sim lagi critanay,,

    wah,,
    boleh ni,,
    dimanfaatkan demi kepentingan pribadi,
    awkawkawkakwkawa…..

  5. 5 ahmad jaiz
    September 16, 2008 at 7:51 am

    pada tgl 15-09-2008, aku buat SIM baru didemak, stlh aku kumpulkan informasi klau tanpa calo 75rb.
    aku sengaja buat sendiri(tanpa calo)buat pengalaman, alhasil gagal,padahal ak yakin jawabanku lebih dari 21(syarat min lulus)benar.
    sebenarnya tes teorinya gak sulit tp dipersulit oleh polisinya,dan yg lewat calo langsung lulus krn kertas jawaban yg lewat calo dan yg gk lewat calo dikasih tanda sendiri-sendiri.
    ceritanya wktu tes tertulis selesih 1org sblh kananku itu lwt calo ngerjain soal sering tanya sblh kananku padahal soalnya berbeda, pasti pd sibuk sendiri-sendiri, so pasti itu org dicuekin.
    aku tanya2 sekelompokku yg lwt calo ada yg 250rb,260rb,275rb.

  6. 6 sigit
    September 16, 2008 at 5:39 pm

    tanggal 9 September yg lalu aku coba urus perpanjangan sim sendiri si Satlantas Polres Purworejo, penginya sih mau lewat jalur loket ke loket. ya memang biayanya cuma rp. 60.000 ( perpanjangan sim A)….tapi ternyata dari tanggal 11 September sampe tanggal 16 September tuh belum juga jadi????. Nah aku perhatikan mereka yang lewat calo atau orang dalam bisa langsung jadi hari itu juga!!! Heraaaan betullll. Kok bisa gitu ya? setelah saya tanyakan ke petugas loket dijawabnya suruh tanya loket yang disebelah, trus aku ikuti ternyata jawabannya berkasnya belm ketemu, trus har berikutnya aku tanakan lagi masih jawaban yang sama berkasnya belum ketemu… wah repot … padahal saya sudah baar lunas ….kok bisa gitu ya….sekalilagi kok bisa gitu ya??

  7. 7 Bernadetta Ghrisma R
    February 7, 2009 at 1:13 pm

    Sekarang kalau mau bikin SIM harus pakek surat ujian praktek lho..o iya kok malah ngomongin itu cie?o iya aku kemarin baru beli motor baru tapi STNK dah keluar tinggal nunggu plat nomornya aja kok lama ya?

  8. 8 Bernadetta Ghrisma R
    February 7, 2009 at 1:25 pm

    aku dulu waktu bikin sim ada ujian praktek jg lho…jd bukan cuma ujian teori ja tp jg ada ujian praktek…jd waktu ada razia kendaraan bermotor tunjukkan sim kalian bila tidak ada sim makanya cepet bikin oke.aku dulu juga begitu waktu aku gak punya sim,waktu ada razia kendaraan aku juga sempet bingung,setelah itu aku langsung bikin sim,ayo bagi yang lom punya sim buruan bikin…

  9. 9 cle
    February 9, 2009 at 1:12 pm

    oo..ghtu. trus kalo ngurus SIM harus pake KTP daerah itu ga sie. Coz KTP ku masi KTP bogor padahal sekarang tinggal di medan…
    ngurus KTP medan susah juga..mau ikut keluarga siapa coba ..??

  10. 10 Yunuz
    March 1, 2009 at 1:25 am

    Pada tanggal 18 Februari saya bikin SIM C di Daan Mogot. Tadinya saya mw lewat calo aj, tapi tuh calo gk kira2 mintanya 1/2 jt tawar-menawar cuma turun 100rb. Waduh jauh banget selisihnya kalau yang resmi kurang lebih 150rb. Lagi pada jual mahal nih. Memang sih klo lewat calo ud pasti dapat tuh SIM, gk pake namanya tuh tes-tas-tos yg beribet. Tinggal langsung foto cap jari, jadi deh… Namanya juga lewat jalur tol jadi cepet. Berhubung gw masih banyak waktu, akhirnya gw putuskan untuk lewat yang resmi.
    1. Tes Mata : Rp 15.000,- (hanya menebak 12 huruf/angka) syrt: Fotocopy KTP Jakarta 1 lmbr
    2. Bayar Form Pendaftaran : Rp 75.000,- (tulis identitas diri) syrt: Idem sama Tes Mata
    3. Bayar Premi Asuransi : Rp 15.000,-
    4. Menuju loket yang telah ditentukan untuk mendapatkan nomor buat ujian tertulis dan berikan 2 lmbr fotocopy.
    5. Masuk kelas untuk ujian tes teori, siapkan pensil 2B dan Pulpen.
    6. Mengerjakan soal teori tg lalu lintas 30 soal waktu 15 menit. Jangan harap untuk mencontek karena soalnya berbeda ada serinya dan jangan terpaku pada coretan jawaban pada soal kadang2 ad yang menipu.
    7. Tunggu di loket 5 untuk mengambil hasil ujian. Banyangkan dari 30 orang yang ujian hanya 2 yang lulus termasuk gw. Wah seneng banget gw baru ikut pertama ud langsung lulus dengan nilai 19 minimal 18. Padahal di sana ud ad yang sampe ngulang 2-3 kali belum lulus2 juga.
    8. Menuju loket tempat praktek (bagi yang lulus), pahami instruksi yang diberikan pengarah.
    9. Ujian praktek dimulai dengan jalan zig-zag, berhenti sebelum garis stop jangan sampai ngesot dan kaki kanan turun. Jalan membuat angka 8 dan 0, balik arah jalan lurus ikuti petunjuk pengarah belok kanan ap belok kiri kudu konsentrasi dan berhenti sebelum garis stop (kaki kanan tidak boleh turun). Jalan sampai kecepatan 30 km/h lalu berhenti sebelum garis stop (kaki kanan tidak boleh turun). Jalan lalu lakukan putaran arah dan balik ketempat semula. Ehhhhh…. Pas berhenti kaki kanan gw ikut turun gw lupa reflek. waduh… Alhasil gw gagal deh harus ngulang lagi. Bener2 nyesek banget deh seperti “maen bola pas adu pinalti terakhir gak gol”. Otomatis gw harus ngulang lagi 2 minggu kedepan tgl 2 Maret 2009.

    Doaainnn gw ya supaya berhasil………! Benteng Takeshi buat bikin SIM

  11. March 16, 2009 at 11:18 am

    Thanks infonya, saya juga mau bikin sim di polres soreang. Ada petunjuk untuk test teorinya?

  12. 12 aji
    August 4, 2009 at 11:27 am

    wah saya dah 2x gagal tes tertulis…pas tes prtama katnya suruh dteng 2 mggu lg,tp 2 hri esoknya w dteng lg tuk tes yg kedua x trnyata boleh…tp gagal lgi…hikz…
    nah pas gagal 2 saya dsuruh dteng 2 bulan lagi…gileeee..
    mang peraturannya gmna sii?ad yg tau gak????

  13. 13 scumbag
    October 6, 2009 at 2:29 pm

    minta soal_x dong low punya Buat SIM C…..
    ke olliver_khan@yahoo.com

    thank sebelum_X…

  14. February 6, 2010 at 11:10 pm

    Biar sukses gemilang ada trik-trik yang harus dilakukan. Coba lihat di pengalaman untuk mendapatkan SIM C secara legal (tanpa calo) dengan 1x percobaan di http://michsan.web.id/content/bagaimana-ujian-sim-c-secara-sukses-di-satpas-daan-mogot. Ada 500 SOAL ampuh yang bisa didownload

  15. 15 zaedah
    June 30, 2010 at 12:51 pm

    bagi bagi materi dong

    • July 2, 2010 at 12:04 am

      materi tes tulis bisa belajar dari kebiasaan kita di jalanan, yang agak susah kalo ketemu soal mengenai lambang lalu lintas yang kurang familiar, sebagian bisa dihapalkan dari sini

  16. 17 ajat
    August 29, 2010 at 3:18 pm

    ada yang baru…
    UUDno 5 pas 4 tentang pembuatan Sim buat pengendara sepeda…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 31,678 hits

Calendar

Categories

who’s viewed me

Yours


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: